Kamis, 11 Oktober 2012

Mengelola dalam Lingkungan Bisnis Dinamis: Mengambil Risiko dan Menghasilkan Laba



Hai Ceman-ceman!!
ketemu lagi denganku, semoga kalian gak pada bosan yua!!
kali ini aku akan membahas hasil pelajaran kemarin, yaitu Mengelola dalam Lingkungan Bisnis Dinamis: Mengambil Risiko dan Menghasilkan Laba.
oke langsung saja ya!!

bisnis merupakan aktivitas yang berusaha untuk menyediakan suatu barang dan jasa kepada pihak lain saat penoperasiannya untuk menghasilkan atau mencapai suatu laba. tidak hanya itu, bisnis juga menyediakan kita semua semua kebutuhan hidup sehari-hari, misalnya makanan, pakaian, rumah, perawatan kesehatan, transportasi dan juga barang-barang dan jasa lainnya yang kita butuhkan. dalam berbisnis kita dapat mengenal istilah-istilah berikut:
pengusahan (enterpreneur)adalah orang yang mempertaruhkan wajtu dan uang untuk memulai dan mengelola sebuah bisnis.
laba (profit) adalah jumlah uang yang diperoleh dari sebuah bisnis selain dari jumlah yang dikeluarkan untuk gaji dan biaya-biaya lainnya.
pendapatan (revenue) adalah jumlah total uang yang didapat dari sebuah bisnis dalam satu periode tertentu dengan menjual barang dan jasa.
kerugian (loss) terjadi saat biaya-biaya sebuah bisnis melebihi pendapatannya.
risiko (risk) adalah peluang seorang pengusaha kehilangan waktu dan uang dalam sebuah bisnis yang mungkin nantinya terbukti tidak menguntungkan.

Lingkungan bisnis
lingkungan bisnis terdiri dari faktor-faktor sekitar uang dapat membantu atau menghambat perkembangan bisnis. faktor-faktor tersebut antara lain:
lingkungan ekonomi dan hukum
sebagian dari risiko kehilangan modal para pebisnis mencakup sistem perekonomian dan bagaimana pemerintah bekerja sama dengan atau menentang bisnis. pemerintah dapat melakukan banyak hal untuk mengurangi risiko tersebut yaitu meningkatkan kewirausahaan dan kekayaan.
cara pemerintah untuk aktif memproduksi kewirausahaan adalah dengan mengizinkan kepemilikan bisnis swasta, meminimalkan campur tangan dalam pertukaran bebas barang dan jasa, dan menerbitkan peraturan-peraturan yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk menulis kontrak yang berlaku dipengadilan.
lingkungan teknologi
Bagaimana teknologi menguntungkan pekerja dan anda? salah satu keuntungan bekerja untuk orang lain adalah perusahaan yang menyediakan peralatan dan teknologi untuk membuat pekerja menjadi lebih produktif. teknologi juga memengaruhi masyarakat disemua bidang industri. contohnya, seorang petani menggunakan komputer untuk membandingkan data dari hasil panen tahun lalu dengan foto-foto satelit inframerah pertanian yang menunjukkan tanaman mana yang sedang berkembang.
lingkungan persaingan
lingkungan persaingan meliputi :


bersaing dengan cara melebihi harapan pelanggan
bersaing dengan cara restrukturisasi dan pemberdayaan.
lingkungan sosial
Penduduk kini sedang mengalami perubahan-perubahan besar yang memengaruhi bagaimana seseorang hidup, di mana mereka tinggal, apa yang mereka beli, dan bagaimana mereka menghabiskan waktunya. lebih jauh lagi, pergeseran nesar populasi membawa peluang-peluang baru bagi beberapa perusahaan dan menurunnya peluang bagi sebagian perusahaan lainnya.
lingkungan bisnis global
lingkungan bisnis global sangat penting. dua perubahan penting pada lingkungan bisnis global adalah tumbuhnya persaingan internasional dan meningkatnya perdagangan bebas antarbangsa. globalisasi telah memperbaiki standar hidup diseluruh dunia.

sumber: Understanding Business (Pengantar Bisnis),edisi 8 (terjemahan), William G. Nickels, James M. McHugh, Susan M. McHugh, Penerbit Salemba Empat, 2009. (buku 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar