Selasa, 09 Oktober 2012

Manajemen keuangan


hai teman-teman lanjut materi selanjutnya yuk!!Tujuan utama dari bab ini adalah membahas tentang “apa itu keuangan?” dan hal-hal apa saja yang dilakukan oleh manajer keuangan.
Keuangan dan manajer keuangan
            Keuangan (finance) adalah fungsi dari sebuah bisnis yang menangani perolehan dana bagi perusahaan dan pengelolaan dana tersebut di dalam perusahaan. Aktivitas keuangan meliputi: mempersiapkan anggaran,  melakukan analisis arus kas, dan merencanakan pengeluaran dana pada aset.
            Manajer keuangan (finance manajement) adalah pekerjaan mengelola sumber daya perusahaan agar dapat mencapai tujuan dan sasarannya. Manajer keuangan menilai data keuangan yang disiapkan seorang akuntandan membuat rekomendasi bagi manajemen tingkat atas mengenai strategi-strategi untuk memperbaiki kinerja keuangan perusahaan.
Perencanaan keuangan
            Perencanaan keuangan merupakan tanggung jawab utama dari manajer keuangan  di dalam suatu bisnis. Perencanaan keuangan meliputi tiga langkah: (1) memproyeksikan kebutuhan keuangan, baik jangka pendek maupun jangka panjang, (2) menyusun anggaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dan (3) mengembangkan kendali keuangan.
Kebutuhan akan dana oprasional
·         Mengelola kebutuhan sehari-hari
·         Mengendalikan operasional kredit
·         Memperoleh persediaan yang dibutuhkan
·         Melakukan pengeluaran modal.
Sumber dana
A.     Memperoleh pendanaan jangka pendek
·         Kredit dagang
·         Keluarga dan teman
·         Bank komersial
·         Berbagai bentuk pinjaman jangka pendek yang berbeda-beda (anjak piutang, surat utang komersial, dan kartu kredit)
B.     Memperoleh pendanaan jangka panjang
·         Pendanaan hutang
·         Obligasi
·         Jaminan
·         Saldo laba
·         Modal ventur
Venture kapitalis
·         Keuangan perusahaan baru dan berkembang pesat
·         Membuat efek ekuitas
·         Membantu dalam mengembangkan produk baru atau jasa
·         Nilai tambah bagi perusahaan melalui partisipasi aktif
·         Mengambil risiko tinggi dengan harapan imbalan yang lebih tinggi.
Membuat keputusan atas penggunaan pengungkit keuangan
            Pengungkit (leverage) adalah memperoleh dana yang dibutuhkan dengan cara meminjam untuk meningkatkan tingkat pengembalian perusahaan. Meskipun benar bahwa peningkatan hutang akan meningkatkan risiko perusahaan, namun hal itu juga memperbesar  kemampuan perusahaan untuk meningkatkan laba. Jika perolehan laba perusahaan lebih besar dari pada pembayaran bunga atas dana yang dipinjam, pemilik bisnis dapat memperoleh tingkat pengembalian yang lebih tinggi daripada jika mereka menggunakan pendanaan ekuitas.


Sumber: Understanding Business (Pengantar Bisnis),edisi 8 (terjemahan), William G. Nickels, James M. McHugh, Susan M. McHugh,  Penerbit Salemba Empat, 2009. (buku 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar