Kamis, 22 November 2012

Perumusan Dan Pelaksanaan Strategi


Halo!! J
Apa kabar teman-teman? Baikkah?!
Semoga semuanya dalam keadaan baik dan sehat.
Saya kembali lagi untuk berbagi materi minggu ke-2 nih teman-teman. Semoga tidak bosan yah membaca materi di blog ini.
Oke!, kali ini saya akan membahas mengenai “Perumusan Dan Pelaksanaan Strategi”. Langsung saja ya!!
Pemikiran strategis berarti menggunakan perspektif jangka panjang dan melihat gambaran besar dari perusahaan dan lingkungan kompetitif, serta memikirkan keselarasan antar keduanya. Manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan yang digunakan utnuk merumuskan dan melaksanakan strategi yang memungkinkan kesesuaian sangat kompetitif antara perusahaan dan lingkungannya, sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.
Tujuan strategis
Tujuan strategis antara lain:
a.       Memanfaatkan kompetensi dasar perusahaan
b.      Membangun sinergi
c.       Memberikan nilai
Tingkatan strategi:
Para manajer strategi biasanya berfikir dalam kerangka tiga tingkatan strategi, yaitu:
a.       Pada bidang usaha apa kita bergerak? Ini merupakan pertanyaan yang diajukan oleh para manajer ketika memikirkan strategi tingkat perusahaan yang berkaitan dengan perushaan secara keseluruhan dan gabungan unit bisnis dan lini produk yang menyusun perusahaan.
b.      Bagaimana cara kita bersaing? Strategi tingkat-usaha berkaitan dengan setiap unit bisnis atau lini produk.
c.       Bagaimana kita mendukung strategi tingkat usaha? Strategi tingkat-fungsi terkait dengan departemen-departemen fungsional utama di unit usaha.
Proses manajemen strategis
Proses ini diawali dengan evaluasi yang dilakukan para manajer terhadap posisi perusahaan sekarang terkait misi, tujuan, dan strateginya.
a.       Perumusan versus pelaksanaan strategi
·         Perumusan strategi mencakup evaluasi masalah-masalah dilingkungan internal maupun eksternal dan integrasi hasil evaluasi tersebut ke dalam tujuan dan strategi.
·         Pelaksanaan strategi yaitu penggunaan sarana manajerial dan organisasi untuk mengarahkan berbagai sumber daya agar dapat mencapai tujuan strategis
b.      Analisis swot
Evaluasi faktor-faktor internal dan eksternal
·         Kekuatan dan kelemahan internal
·         Kekuatan dan ancaman eksternal
Merumuskan strategi tingkat-perusahaan
a.       Strategi portofolio
Strategi portofolio berkaitan dengan gabungan unit usaha dan lini produk berpadu secara logis untuk memberikan sinergi dan keungulan bersaing bagi perusahaan.
b.      Matriks BCG (boston consulting group)
Menempatkan parusahaan dalam dua dimensi: tingkat pertumbuhan usaha dan pangsa pasar.
c.       Strategi diversifikasi
Bertujuan untuk memperluas usaha perusahaan dalam rangka menghasilkan berbagai barang dan jasa yang berharga.
Merumuskan strategi tingkat-usaha
a.       Lima kekuatan kompetitif porter
Menentukan posisi perusahaan versus pesaingnya didalam industri.
§  Potensi pesaing baru
§  Daya tawar pembeli
§  Daya tawar pemasok
§  Ancaman produk pengganti
§  Persaingan antar kompetitor
b.      Strategi kompetitif
Untuk mengetahui daya saingnya disetiap kekuatan, porter menyarankan perusahaan untuk menggunakan satu dari tiga strategi, antara lain:
§  Diferensiasi
§  Kepemimpinan biaya
§  Fokus
Tren baru di bidang strategi
Perusahaan-perusahaan mengalami histeria marger dan akuisisi selama beberapa tahun terakhir. Yang termasuk dalam tren baru dalam bidang strategi yaitu:
§  Inovasi dari dalam
§  Kemitraan strategi
Strategi global
Banyak perusahaan yang beroperasi secara global dan menggunakan strategi lain sebagai fokus usahanya. Strategi global meliputi:
a.       Strategi globalisasi
b.      Strategi ekspor
c.       Strategi transnasional
d.      Strategi multidomestik
Penerapan strategi
Langkah terakhir dalam proses manajemen strategis adalah penerapan strategi, yaitu bagaimana strategi diterapkan atau dilaksanakan. Saran dalam menerapkan strategi adalah sebagai berikut:
§  Kepemimpinan
§  Rancangan struktural
§  Sistem informasi dan kendali
§  Sumber daya manusia

Sekian ulasan materi mengenai “Perumusan Dan Pelaksanaan Strategi”.
Semoga bermanfaat J

Sumber: New Era Of Management (Era baru Manajemen),edisi 9 (terjemahan), Richard L Daft, Penerbit Salemba Empat, 2010. (buku 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar