Senin, 19 November 2012

Manajemen Inovatif Di Masa Sulit


Hallo teman-teman!! Selamat berjumpa lagi di blogku.
Kali ini aku akan berbagi mengenai materi-materi setelah UTS. Materi pertama yaitu Manajemen Inovatif Di Masa Sulit. Oke! Langsung aja yuk!!
Berawal dari pertanyaan “mengapa inovasi itu penting?” iya, inovasi penting dalam sistem manajemen dan proses produksi, nilai-nilai perusahaan, dan aspek lain dari organisasi merupakan faktor yang membuat perusahaan tumbuh, berubah, dan berhasil. Tanpa inovasi, tiada satu perusahaan pun yang dapat bertahan.
Definisi Manajemen Dan Manajer
Manajemen (management) adalah pencapaian tujuan-tujuan organisasional secara efektif dan efisien melalui  perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya-sumber daya organisasional. Manajer  adalah fungsi ekseklusif dari organisasi membangun dan mengkoordinasikan dan seluruh sistem menciptakan sistem dan kondisi yang kemungkinan orang lain untuk melakukan tugas-tugas untuk sistem yang tepat dan lingkungan, manajer memastikan  bahwa departemen atau organisasi akan tetap berjalan dan berkembang.
Empat Fungsi Manajemen
1.      Perencanaan (planning) berarti mengidentifikasi berbagai tujuan intuk kinerja organisasi dimasa mendatang serta memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya,
2.      Peneglolaan (organizing) mencakup menentukan tugas, mengelompokkan tugas, mendelegasikan otoritas, dan mengalokasikan sumber daya diseluruh organisasi.
3.      Kepemimpinan (leading) berarti menggunakan pengaruh untuk memotivasi karyawan guna mencapai tujuan-tujuan organisasional.
4.      Pengendalian (controlling) berarti memonitori aktivitas karyawan, menentukan apakah organisasi sejalan dengan tujuannya dan membuat koreksi jika diperlukan.
Kinerja Organisasional
Organisasi (organization) dapat diartikan sebagai suatu entitas sosial yang  diarahkan oleh tujuan dan  terstruktur. Diarahkan oleh tujuan berarti berarti dirancang untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu organisasi. Terstruktur berarti ada pembagian tugas, dan tanggung jawab pencapaian tugas tersebut dibebankan kepada para anggota oragnisasi.
Tanggung jawab seorang manajer adalah mengoordinasikan sumber daya yang ada secara efisien dan efektif guna mencapai tujuan organisasi. Efektif dalam organisisa berarti sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang diterapkan, atau berhasil mencapai apa pun yang coba dikerjakannya. Efisien dalam organisasi adalah jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan organisaional.
Keterampilan Manajemen
Keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk mengatur sebuah departemen atau organisasi dapat dikelompokkan ke dalam tiga katagori, antara lain :
1.      Keterampilan konseptual
2.      Keterampilan interpersonal
3.      Keterampilan teknis
Jenis-Jenis Manajemen
Perbedaan Vertikal
1.      Manajer Puncak (top manager)
2.      Manajer Tingkat Menengah (middle manager)
3.      Manajer lini pertama (first-line manager)
Perbedaan Horizontal
1.      Manajer fungsional (functional manager)
2.      Manajer umum (general manager)
Apa Rasanya Menjadi Seorang Manajer?
Sulit untuk memahami dengan tepat apa yang dilakukan oleh manajer disetiap jam maupun hari, kecuali jika kita pernah melakukan pekerjaan manajerial. Pekerjaan manajer adalah beragam tugas manajerial yang dapat dicirikan ke dalam kerakteristik dan peran kebanyakan manajer menikmati kegiatan seperti memimpin orang lain, jaringan dan inovasi terkemuka.
Aktivitas Manajer
Petualang multitasking: ciri aktivitas manjerial adalah keragaman, fragmentasi, dan durasi yang singkat. Keterlibatan manajer yang luas dan banyak tidak memberikan cukup waktu untuk merenungi sesaat.
Hidup cepat: manajer melakukan banyak pekerjaan dengan kecepatan yang mengagumkan. Pekerjaan manajer memiliki tempo cepat dan memerlukan banyak energi. Begitu hari para manajer dimulai, berbagai gangguan yang tidak diharapkan pun bermunculan. Rapat-rapat baru perlu diadakan, selama tidak dikantor, para eksklusif tetap membaca materi, menggunakan telepon seluler, panggilan telepon dan email yang berhubungan denga pekerjaan.
Peran Manajer
Peran informasi adalah berbagai aktivitas yang dilakukan untuk merawat dan membangun jaringan informal.
Peran interpersonal berkenaan dengan hubungan dengan orang lain dan berkaitan dengan keterampilan interpersonal yang telah dibahas.
Peran keputusan berkenaan dengan berbagai peristiwa yang di dalamnya manajer harus menentukan sikap dan mengambil tindakan.
Mengelola Usaha Kecil Dan Organisasi Nirlaba
Usaha kecil makin penting. Banyak usaha kecil yang terancam oleh keterampilan manajemen yang tidak memadai. Manajer usaha kecil memakai berbagai topik fungsi. Fungsi manajemen berlaku untuk organisasi nirlaba. Organisasi nirlaba fokus pada dampak sosia, tetapi mereka berjuang dengan efektivitas.
Manajer semua organisasi, baik di perusahaan besar, usaha kecil, dan organisasi nirlaba, menggabungkan dan menyesuaikan fungsi dan peran manajemen secara seksama untuk menghadapi tantangan dilingkungan mereka dan menjaga organisasimereka tetap sehat.
Manajemen Dan Tempat Kerja Baru
·         Karakteristik Tempat Kerja Baru
Karakteristik utama tempat kerja baru adalah digitalisasi bisnis, yang telah menubah cara kerja, karyawan, dan tempat kerja itu sendiri secara radikal.
Tempat kerja baru diorganisasikan dalam jaringan, bukan hierarki kaku; pekerjaan yang sering bersifat virtual, sehingga para member harus mengawasi dan mengoordinasikan karyawan yang tidak datang ke tempat kerjadalam pengertian sebenarnya.
·         Kompetensi Manajemen Baru
Para manajer harus memikirkan kembali pendekatan mereka dalam mengorganisasikan, mengarahkan, dan memotivasi para karyawan. Para manajer terbaik hari ini meninggalkan pola pikir perintah dan kendalikan mereka guna berfokus untuk melatih dan membimbing, menciptakan organisasi yang cepat, fleksibel, onovatif, dan berorientasi hubungan.
Sekian penjelasan mangenai “manajemen inovatif di masa sulit”. Mohon maaf jika ada yang kesalahan dan penjelasan yang kurang. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian. J

sumber : New Era Of Management (Era baru Manajemen),edisi 9 (terjemahan), Richard L Daft, Penerbit Salemba Empat, 2010. (buku 1)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar