Rabu, 05 Desember 2012

Mengelola Kinerja dan Mutu


Hallo semua!!
Ulasan materi yang selanjutnya yaitu mengenai “Mengelola Kinerja dan Mutu”.
Selamat membaca J
Bab ini akan membahas mekanisme dasar untuk mengendalikan organisasi, dengan meringkas tujuan-tujuan dari proses kendali dan penggunaan kartu catatan seimbang yang digunakan untuk mengukur kinerja. Selain itu, juga membhas filosofi kontrol yang berubah-ubah.
Pengertian Kontrol Organisasi
Kontrol organisasi adalah proses sistematis dalam mengatur aktivitas organisasi agar tetap konsisten dengan pengharapan yang telah dibangun dalam rencana, target dan standar kinerja.
Memilih Standar dan Ukuran. Sebagian besar organisasi berfokus pada pengukuran dan pengawasan kinerja keuangan, seperti penjualan, pendapatan, dan keuntungan. Namun para manajer makin mengetahui keharusan untuk mengukur aspek-aspek kinerja yang tidak kasat mata lainnya untuk mengelola aktivitas penciptaan nilai dari organisasi saat itu.
Kartu Skor Berimbang adalah sistem kontrol manajemen komprehensif yang menyeimbangkanukuran keuangan tradisonal dengan ukuran operasional yang berhubungan dengan faktor-faktor kesuksesaan penting yang ada di perusahaan.
MODEL KONTROL UMPAN BALIK
Semua sistem kontrol yang dirancang dengan baik akan melibatkan penggunaan umpan balik untuk menentukan apakah kinerja memenuhi standar yang telah dibuat. Manajer berfokus pada bagian elemen dari kartu skor untuk menentukan target, mengevaluasi kinerja, dan membimbing diskusi tentang tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya.
Langkah-langkah Kontrol Umpan Balik
a.       Membangun Standar Kinerja
b.      Mengukur Kinerja yang Ada
c.       Membandingkan Kinerja dengan Standar
d.      Melakukan Tindakan Korektif
Aplikasi Untuk Anggaran
Kontrol anggaran, salah satu metode yang paling sering digunakan dalam kontrol manajemen, adalah proses penentuan target untuk pengeluaran organisasi, mengawasi hasil dan membandingkannya dengan anggaran yang ada, dan membuat perubahan jika perlu. Anggaran yang biasanya digunakan manajer :
1)      Anggaran biaya
2)      Anggaran pendapatan
3)      Anggaran kas
4)      Anggaran modal
KONTROL KEUANGAN
Laporan Keuangan
1.      Neraca keuangan
2.      Laporan laba rugi
Analisis Keuangan: Menafsirkan Angka
Analisis keuangan yang biasa dilakukan berfokus pada rasio, statistik yang menunjukkan hubungan antara indikator-indikator kinerja seperti keuntungan dan aset, penjualan, dan persediaan. Rasio-rasio tersebut, antara lain:
1.      Rasio Likuiditas
2.      Rasio Aktifitas
3.      Rasio keuntungan
4.      Rasio Leverage
FILOSOFI KONTROL YANG BERUBAH-UBAH
Pendekatan Hierarki versus Pendekatan Desentralisasi
a.       Kontrol Hierarki adalah penggunaan aturan, kebijakan, hierarki wewenang, dan alat formal lainnya untuk memengaruhi perilaku pegawai dan menilai kinerja.
b.      Kontrol Desentralisasi adalah penggunaan budaya perusahaan, norma kelompok, dan fokus terhadap tujuan, daripada aturan dan prosedur, untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
Manajemen Buka-Buku
Manajemen Buka-Buku adalah berbagai informasi keuangan dan hasil-hasilnya dengan semua pegawai di organisasi. Tujuannya adalah untuk membuat setiap pegawai berfikir dan bertindak seperti seorang pemilik bisnis.
MANAJEMEN KUALITAS TOTAL
Manajemen kualitas total adalah komitmen seluruh anggota perusahaan untuk menanamkan kualitas ke dalam setiap aktivitas denagn cara melakukan perbaikan terus menerus.
Teknik-Teknik TQM
a.       Siklus Kualitas
b.      Tolok Ukur
c.       Prinsip Six Sigma
d.      Pengukuran siklus waktu
e.       Perbaikan Terus-menerus
Faktor-Faktor TQM
Faktor Positif
a)      Tugas-tugas yang ada menuntut pegawai yang berketerampilan tinggi
b)      TQM berguna untuk memperkaya pekerjaan dan memotivasi pegawai
c)      Keterampilan memecahkan masalah ditingkatkan untuk semua pegawai
d)     Partisipasi dan kerja tim digunakan untuk menghadang permasalahan yang signifikan
e)      Perbaikan terus-menerus adalah cara hidup
Faktor Negatif
a)      Ekspektasi manajemen biasanya tinggi
b)      Manajer tingkat menengah merasa tidak puas jika kehilangan wewenang
c)      Para pekerja tidak puas dengan beberapa aspek kehidupan organisasi
d)     Pemimpin serikat pekerja tidak disertakan dalam diskusi kendali mutu
e)      Manajer manunggu inovasi yang besar dan dramatis
TREN DALAM KENDALI MUTU DAN KEUANGAN
a)      Standar Kualitas Internasional
b)      Sistem Kontrol Keuangan Baru
c)      Pertambahan Nilai Ekonomis (EVA)
d)     Pertambahan Nilai Pasar (MVA)
e)      Pembiayaan Berbasis Aktivitas (ABC)
f)       Tata Kelola Perusahaan

sekian berbagi materi dari saya, semoga bermanfaat :)

Sumber: New Era Of Management (Era baru Manajemen),edisi 9 (terjemahan), Richard L Daft, Penerbit Salemba Empat, 2010. (buku2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar