Hallo semua!!
Ulasan materi yang selanjutnya
yaitu mengenai “Mengelola Kinerja
dan Mutu”.
Selamat membaca J
Bab ini akan membahas mekanisme
dasar untuk mengendalikan organisasi, dengan meringkas tujuan-tujuan dari
proses kendali dan penggunaan kartu catatan seimbang yang digunakan untuk
mengukur kinerja. Selain itu, juga membhas filosofi kontrol yang berubah-ubah.
Pengertian Kontrol Organisasi
Kontrol organisasi
adalah proses sistematis dalam mengatur aktivitas organisasi agar tetap
konsisten dengan pengharapan yang telah dibangun dalam rencana, target dan
standar kinerja.
Memilih Standar dan Ukuran. Sebagian
besar organisasi berfokus pada pengukuran dan pengawasan kinerja
keuangan, seperti penjualan, pendapatan, dan keuntungan. Namun
para manajer makin mengetahui keharusan untuk mengukur aspek-aspek kinerja yang
tidak kasat mata lainnya untuk mengelola aktivitas penciptaan nilai dari
organisasi saat itu.
Kartu Skor Berimbang adalah
sistem kontrol manajemen komprehensif yang menyeimbangkanukuran keuangan
tradisonal dengan ukuran operasional yang berhubungan dengan faktor-faktor
kesuksesaan penting yang ada di perusahaan.
MODEL KONTROL UMPAN BALIK
Semua sistem kontrol yang
dirancang dengan baik akan melibatkan penggunaan umpan balik untuk menentukan
apakah kinerja memenuhi standar yang telah dibuat. Manajer berfokus pada bagian
elemen dari kartu skor untuk menentukan target, mengevaluasi kinerja, dan
membimbing diskusi tentang tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya.
Langkah-langkah Kontrol Umpan
Balik
a.
Membangun Standar Kinerja
b.
Mengukur Kinerja yang Ada
c.
Membandingkan Kinerja dengan Standar
d.
Melakukan Tindakan Korektif
Aplikasi Untuk Anggaran
Kontrol anggaran, salah satu
metode yang paling sering digunakan dalam kontrol manajemen, adalah proses
penentuan target untuk pengeluaran organisasi, mengawasi hasil dan
membandingkannya dengan anggaran yang ada, dan membuat perubahan jika perlu. Anggaran
yang biasanya digunakan manajer :
1)
Anggaran biaya
2)
Anggaran pendapatan
3)
Anggaran kas
4)
Anggaran modal
KONTROL KEUANGAN
Laporan
Keuangan
1.
Neraca keuangan
2.
Laporan laba rugi
Analisis
Keuangan: Menafsirkan Angka
Analisis keuangan yang biasa
dilakukan berfokus pada rasio, statistik yang menunjukkan hubungan antara
indikator-indikator kinerja seperti keuntungan dan aset, penjualan, dan
persediaan. Rasio-rasio tersebut, antara lain:
1.
Rasio Likuiditas
2.
Rasio Aktifitas
3.
Rasio keuntungan
4.
Rasio Leverage
FILOSOFI KONTROL YANG BERUBAH-UBAH
Pendekatan Hierarki versus
Pendekatan Desentralisasi
a.
Kontrol Hierarki adalah
penggunaan aturan, kebijakan, hierarki wewenang, dan alat formal lainnya untuk
memengaruhi perilaku pegawai dan menilai kinerja.
b.
Kontrol Desentralisasi adalah
penggunaan budaya perusahaan, norma kelompok, dan fokus terhadap tujuan,
daripada aturan dan prosedur, untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
Manajemen Buka-Buku
Manajemen Buka-Buku adalah
berbagai informasi keuangan dan hasil-hasilnya dengan semua pegawai di
organisasi. Tujuannya adalah untuk membuat setiap pegawai berfikir dan
bertindak seperti seorang pemilik bisnis.
MANAJEMEN KUALITAS TOTAL
Manajemen kualitas total adalah
komitmen seluruh anggota perusahaan untuk menanamkan kualitas ke dalam setiap
aktivitas denagn cara melakukan perbaikan terus menerus.
Teknik-Teknik TQM
a.
Siklus Kualitas
b.
Tolok Ukur
c.
Prinsip Six Sigma
d.
Pengukuran siklus waktu
e.
Perbaikan Terus-menerus
Faktor-Faktor TQM
Faktor Positif
a)
Tugas-tugas yang ada menuntut pegawai yang
berketerampilan tinggi
b)
TQM berguna untuk memperkaya pekerjaan dan memotivasi
pegawai
c)
Keterampilan memecahkan masalah ditingkatkan untuk
semua pegawai
d)
Partisipasi dan kerja tim digunakan untuk menghadang
permasalahan yang signifikan
e)
Perbaikan terus-menerus adalah cara hidup
Faktor Negatif
a)
Ekspektasi manajemen biasanya tinggi
b)
Manajer tingkat menengah merasa tidak puas jika
kehilangan wewenang
c)
Para pekerja tidak puas dengan beberapa aspek kehidupan
organisasi
d)
Pemimpin serikat pekerja tidak disertakan dalam diskusi
kendali mutu
e)
Manajer manunggu inovasi yang besar dan dramatis
TREN DALAM KENDALI MUTU DAN
KEUANGAN
a)
Standar
Kualitas Internasional
b)
Sistem Kontrol
Keuangan Baru
c)
Pertambahan Nilai Ekonomis (EVA)
d)
Pertambahan Nilai Pasar (MVA)
e)
Pembiayaan Berbasis Aktivitas (ABC)
f)
Tata Kelola Perusahaan
sekian berbagi materi dari saya, semoga bermanfaat :)
Sumber: New Era Of Management (Era baru
Manajemen),edisi 9 (terjemahan),
Richard L Daft, Penerbit Salemba Empat, 2010. (buku2)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar