Halo!!
J
Apa
kabar teman-teman? Baikkah?!
Semoga semuanya dalam keadaan baik dan sehat.
Saya
kembali lagi untuk berbagi materi minggu ke-2 nih teman-teman. Semoga tidak
bosan yah membaca materi di blog ini.
Oke!,
kali ini saya akan membahas mengenai “Perumusan Dan Pelaksanaan Strategi”.
Langsung saja ya!!
Pemikiran
strategis berarti menggunakan perspektif jangka panjang dan melihat gambaran
besar dari perusahaan dan lingkungan kompetitif, serta memikirkan keselarasan
antar keduanya. Manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan
tindakan yang digunakan utnuk merumuskan dan melaksanakan strategi yang
memungkinkan kesesuaian sangat kompetitif antara perusahaan dan lingkungannya,
sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.
Tujuan strategis
Tujuan
strategis antara lain:
a. Memanfaatkan kompetensi dasar perusahaan
b. Membangun sinergi
c. Memberikan nilai
Tingkatan strategi:
Para
manajer strategi biasanya berfikir dalam kerangka tiga tingkatan strategi,
yaitu:
a. Pada bidang usaha apa kita bergerak? Ini merupakan
pertanyaan yang diajukan oleh para manajer ketika memikirkan strategi tingkat
perusahaan yang berkaitan dengan perushaan secara keseluruhan dan gabungan unit
bisnis dan lini produk yang menyusun perusahaan.
b. Bagaimana cara kita bersaing? Strategi tingkat-usaha
berkaitan dengan setiap unit bisnis atau lini produk.
c. Bagaimana kita mendukung strategi tingkat usaha? Strategi
tingkat-fungsi terkait dengan departemen-departemen fungsional utama di unit
usaha.
Proses manajemen strategis
Proses
ini diawali dengan evaluasi yang dilakukan para manajer terhadap posisi
perusahaan sekarang terkait misi, tujuan, dan strateginya.
a. Perumusan versus pelaksanaan strategi
·
Perumusan strategi
mencakup evaluasi masalah-masalah dilingkungan internal maupun eksternal dan
integrasi hasil evaluasi tersebut ke dalam tujuan dan strategi.
·
Pelaksanaan
strategi yaitu penggunaan sarana manajerial dan organisasi untuk mengarahkan
berbagai sumber daya agar dapat mencapai tujuan strategis
b. Analisis swot
Evaluasi faktor-faktor internal dan eksternal
·
Kekuatan dan
kelemahan internal
·
Kekuatan dan
ancaman eksternal
Merumuskan strategi tingkat-perusahaan
a. Strategi portofolio
Strategi portofolio berkaitan dengan gabungan unit usaha
dan lini produk berpadu secara logis untuk memberikan sinergi dan keungulan
bersaing bagi perusahaan.
b. Matriks BCG (boston consulting group)
Menempatkan parusahaan dalam dua dimensi: tingkat
pertumbuhan usaha dan pangsa pasar.
c. Strategi diversifikasi
Bertujuan untuk memperluas usaha perusahaan dalam rangka
menghasilkan berbagai barang dan jasa yang berharga.
Merumuskan strategi tingkat-usaha
a. Lima kekuatan kompetitif porter
Menentukan posisi perusahaan versus pesaingnya didalam
industri.
§ Potensi pesaing baru
§ Daya tawar pembeli
§ Daya tawar pemasok
§ Ancaman produk pengganti
§ Persaingan antar kompetitor
b. Strategi kompetitif
Untuk mengetahui daya saingnya disetiap kekuatan, porter
menyarankan perusahaan untuk menggunakan satu dari tiga strategi, antara lain:
§ Diferensiasi
§ Kepemimpinan biaya
§ Fokus
Tren baru di bidang strategi
Perusahaan-perusahaan
mengalami histeria marger dan akuisisi selama beberapa tahun terakhir. Yang
termasuk dalam tren baru dalam bidang strategi yaitu:
§ Inovasi dari dalam
§ Kemitraan strategi
Strategi global
Banyak
perusahaan yang beroperasi secara global dan menggunakan strategi lain sebagai
fokus usahanya. Strategi global meliputi:
a. Strategi globalisasi
b. Strategi ekspor
c. Strategi transnasional
d. Strategi multidomestik
Penerapan strategi
Langkah
terakhir dalam proses manajemen strategis adalah penerapan strategi, yaitu
bagaimana strategi diterapkan atau dilaksanakan. Saran dalam menerapkan
strategi adalah sebagai berikut:
§ Kepemimpinan
§ Rancangan struktural
§ Sistem informasi dan kendali
§ Sumber daya manusia
Sekian
ulasan materi mengenai “Perumusan Dan Pelaksanaan Strategi”.
Semoga
bermanfaat J
Sumber:
New Era Of Management (Era baru
Manajemen),edisi 9 (terjemahan),
Richard L Daft, Penerbit Salemba Empat, 2010. (buku 1)